Kamis, 14 Juni 2018

SALAH JURUSAN???

SALAH JURUSAN???
Sebuah kejujuran dari mahasiswa PGSD yang mencintai Sastra


Gue menulis ini saat sedang sulit-sulitnya mengerjakan skripsi. Ini juga adalah malam takbiran menjelang idul fitri 1439 Hijriah. Alhamdulillah J

So, malam ini gue tertarik banget untuk nulis pengalaman awal mula bisa berkecimpung di jurusan Pendidikan Guru SD (PGSD). Jurusan yang sangat asing di telinga. Jurusan yang bahkan nggak pernah ada dalam daftar cita-cita gue.

Jurusan Pendidikan Guru SD (PGSD) sebenarnya adalah kemauan mamah, yang saat itu telah berkonsultasi dengan Bu Ihah (salah satu guru ngaji di deket rumah yang juga guru SD). Beliau menyarankan gue kuliah di PGSD, karena lebih memungkinkan bagi wanita untuk bekerja sebagai guru ketimbang pekerjaan lain (di kantor atau pabrik misalnya). Mamah berusaha meyakinkan gue bahwa jurusan PGSD adalah jurusan yang tepat buat gue.

Saat itu, sebenernya, gue udah pasrah dan ga yakin akan lolos SBMPTN, jadilah gue asal pilih jurusan dan ngikutin saran mamah. Gue lalu ambil jurusan PGSD UNJ sebagai pilihan pertama, Pendidikan Luar Biasa UNJ di pilihan kedua dan Pendidikan Guru PAUD Unila di pilihan ketiga. Ya, seperti yang gue bilang, gue ga yakin akan lolos SBMPTN, jadi pilihan gue ngasal se-ngasal-ngasalnya. Gue ga terlalu banyak belajar soal SBMPTN karena udah fokus belajar USM STAN. Gue juga udah patah hati karena gagal SNMPTN. Apalagi saat ujian SBMPTN gue sakit dan nggak konsen dalam ngerjain soal. Soal-soalnya pun susah minta ampun buat lulusan SMK Akuntansi seperti gue. Gue ga berharap banyak saat itu.

Sampai akhirnya, di hari pengumuman, Alhamdulillah, ternyata gue lolos. Ya, gue diterima sebagai mahasiswa UNJ jurusan pendidikan guru SD. Bahagia, seneng, bingung, sedih dan kecewa jadi satu. Saat itu gue berpikir, kenapa ga ambil sastra Indonesia aja? Pasti bakal lolos juga. Tapi ya mau gimana, nasi udah jadi bubur. Kedua orangtua gue terlihat sangat bahagia ketika tau gue lolos. Gue pun bersyukur walau masih ga tau akan belajar apa selama 4 tahun ke depan.

Akhirnya, gue mulai searching di google tentang jurusan PGSD, terutama PGSD UNJ. Gue baca-baca blog mahasiswa PGSD UNJ dan apa yang kira-kira akan gue pelajari nanti. Awalnya, gue pikir ini akan mudah, ah, cuma pelajaran SD. Apanya yang susah? Tapi ternyata, tidak sama sekali!

Jurusan PGSD bukan mempelajari materi pelajaran di SD. Bukan sama sekali, tapi lebih ke bagaimana cara menyampaikan materi pelajaran agar bisa diterima dan dimengerti oleh siswa SD dan ternyata itu sangat sulit. Bayangin aja, kita dikasih kewajiban ngajarin anak yang ga mengenal huruf untuk membaca. Anak yang ga bisa ngitung bisa ngerjain matematika. Bikin anak usia 7 sampai 12 tahun bisa bernalar. Itu susah banget. Serius.

Selain itu, gue juge mempelajari psikologi anak SD yang ternyata luar bisa rumit. Belajar cara bikin RPP yang bener, olahraga untuk SD, bahasa inggris untuk SD, dan lain-lainnya. Dan perlu gue tekankan, gue sama sekali ga belajar materinya, tapi cara menyampaikan materi tersebut agar mudah dimengerti oleh anak SD.

Gue baru tau, ternyata jadi guru SD itu susah banget, makanya jasa seorang guru SD tuh besar banget, karena di tingkat SD lah anak mulai belajar sesuatu dari nol (sebelumnya ada TK sih, tapi kan TK ga wajib ya, gue juga ga TK kok). Gue jadi merasa berterima kasih banget sama guru SD dulu ngajarin gue baca, berhubung gue ga TK dan belum bisa baca pas masuk SD. Maka, berterima kasihlah kalian pada guru SD. Makasih ibu dan bapak guruku J

Setelah hampir 4 tahun menjadi mahasiswa PGSD UNJ, banyak banget ilmu yang gue dapet dan insya Allah akan berguna bagi kehidupan gue kelak menjadi seorang ibu dan seorang guru. Aamiin.   

Gue juga mulai sadar bahwa kecerdasan manusia itu jamak (banyak, ada 9 kecerdasan loh). Jadi, kita ga boleh nganggep orang yang kurang cerdas matematika sebagai orang yang bodoh, karena bisa jadi dia menguasai bidang yang lain. Ilmu kayak gini tentunya ga bakal gue dapetin kalau kuliah jurusan sastra.

Oh iya, gue mau cerita juga, di tempat les, ada seorang murid yang ga terlalu pinter matematika dan IPA, tapi ternyata dia jago banget sulap dan berani menunjukkan kemampuan sulapnya di depan orang lain. Ada juga yang super duper cerdas dalam ilmu eksak, kayak matematika, IPA, bahasa inggris, bahkan nilai UN nya nyaris 36 yang artinya per mata pelajaran dapet nilai 9, tapi dia sangat-sangat pemalu dan nggak mau bersosialisasi. Suruh ngomong di depan kelas aja ga mau. Siapa yang lebih pandai? Ga ada. Mereka semua pandai, cerdas dan pintar tapi di bidang yang berbeda.

Gue belajar memahami perbedaan dan keragaman kecerdasan, gue juga belajar menghargai kelebihan setiap individu. Dari ilmu yang gue dapet di kampus, gue bisa coba praktek dan terapkan di lapangan ketika ngajar. Gue bersyukur banget dapet ilmu yang luar biasa berharga dari jurusan PGSD. Tentunya, ilmu gue masih sedikit banget, makanya gue mau terus belajar, supaya bisa jadi guru yang lebih baik.

Alhamdulillah, gue ga pernah merasa salah jurusan, karena gue tau takdir Allah SWT ga pernah salah.

Hari ini gue masih berjuang buat wisuda, semoga setelahnya gue tetap menjadi manusia pembelajar yang selalu mau meng-upgrade diri dan ilmu serta menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya.

Sekian.

Salam hangat dari (calon) guru SD

Anisa Sholihat  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar