SALAH JURUSAN???
Sebuah kejujuran dari mahasiswa PGSD yang mencintai Sastra
Gue menulis ini saat sedang sulit-sulitnya mengerjakan
skripsi. Ini juga adalah malam takbiran menjelang idul fitri 1439 Hijriah.
Alhamdulillah J
So, malam ini gue tertarik banget untuk nulis pengalaman
awal mula bisa berkecimpung di jurusan Pendidikan Guru SD (PGSD). Jurusan yang
sangat asing di telinga. Jurusan yang bahkan nggak pernah ada dalam daftar
cita-cita gue.
Jurusan Pendidikan Guru SD (PGSD) sebenarnya adalah
kemauan mamah, yang saat itu telah berkonsultasi dengan Bu Ihah (salah satu
guru ngaji di deket rumah yang juga guru SD). Beliau menyarankan gue kuliah di PGSD,
karena lebih memungkinkan bagi wanita untuk bekerja sebagai guru ketimbang
pekerjaan lain (di kantor atau pabrik misalnya). Mamah berusaha meyakinkan gue
bahwa jurusan PGSD adalah jurusan yang tepat buat gue.
Saat itu, sebenernya, gue udah pasrah dan ga yakin akan
lolos SBMPTN, jadilah gue asal pilih jurusan dan ngikutin saran mamah. Gue lalu
ambil jurusan PGSD UNJ sebagai pilihan pertama, Pendidikan Luar Biasa UNJ di
pilihan kedua dan Pendidikan Guru PAUD Unila di pilihan ketiga. Ya, seperti
yang gue bilang, gue ga yakin akan lolos SBMPTN, jadi pilihan gue ngasal
se-ngasal-ngasalnya. Gue ga terlalu banyak belajar soal SBMPTN karena udah
fokus belajar USM STAN. Gue juga udah patah hati karena gagal SNMPTN. Apalagi
saat ujian SBMPTN gue sakit dan nggak konsen dalam ngerjain soal. Soal-soalnya
pun susah minta ampun buat lulusan SMK Akuntansi seperti gue. Gue ga berharap
banyak saat itu.
Sampai akhirnya, di hari pengumuman, Alhamdulillah,
ternyata gue lolos. Ya, gue diterima sebagai mahasiswa UNJ jurusan pendidikan
guru SD. Bahagia, seneng, bingung, sedih dan kecewa jadi satu. Saat itu gue
berpikir, kenapa ga ambil sastra Indonesia aja? Pasti bakal lolos juga. Tapi ya
mau gimana, nasi udah jadi bubur. Kedua orangtua gue terlihat sangat bahagia
ketika tau gue lolos. Gue pun bersyukur walau masih ga tau akan belajar apa
selama 4 tahun ke depan.
Akhirnya, gue mulai searching
di google tentang jurusan PGSD, terutama PGSD UNJ. Gue baca-baca blog mahasiswa
PGSD UNJ dan apa yang kira-kira akan gue pelajari nanti. Awalnya, gue pikir ini
akan mudah, ah, cuma pelajaran SD. Apanya yang susah? Tapi ternyata, tidak sama
sekali!
Jurusan PGSD bukan mempelajari materi pelajaran di SD.
Bukan sama sekali, tapi lebih ke bagaimana
cara menyampaikan materi pelajaran agar bisa diterima dan dimengerti oleh siswa
SD dan ternyata itu sangat sulit. Bayangin aja, kita dikasih kewajiban
ngajarin anak yang ga mengenal huruf untuk membaca. Anak yang ga bisa ngitung
bisa ngerjain matematika. Bikin anak usia 7 sampai 12 tahun bisa bernalar. Itu
susah banget. Serius.
Selain itu, gue juge mempelajari psikologi anak SD yang
ternyata luar bisa rumit. Belajar cara bikin RPP yang bener, olahraga untuk SD,
bahasa inggris untuk SD, dan lain-lainnya. Dan perlu gue tekankan, gue sama
sekali ga belajar materinya, tapi cara menyampaikan materi tersebut agar mudah
dimengerti oleh anak SD.
Gue baru tau, ternyata jadi guru SD itu susah banget,
makanya jasa seorang guru SD tuh besar banget, karena di tingkat SD lah anak
mulai belajar sesuatu dari nol (sebelumnya ada TK sih, tapi kan TK ga wajib ya,
gue juga ga TK kok). Gue jadi merasa berterima kasih banget sama guru SD dulu
ngajarin gue baca, berhubung gue ga TK dan belum bisa baca pas masuk SD. Maka,
berterima kasihlah kalian pada guru SD. Makasih ibu dan bapak guruku J
Setelah hampir 4 tahun menjadi mahasiswa PGSD UNJ, banyak
banget ilmu yang gue dapet dan insya Allah akan berguna bagi kehidupan gue
kelak menjadi seorang ibu dan seorang guru. Aamiin.
Gue juga mulai sadar bahwa kecerdasan manusia itu jamak
(banyak, ada 9 kecerdasan loh). Jadi, kita ga boleh nganggep orang yang kurang
cerdas matematika sebagai orang yang bodoh, karena bisa jadi dia menguasai bidang
yang lain. Ilmu kayak gini tentunya ga bakal gue dapetin kalau kuliah jurusan
sastra.
Oh iya, gue mau cerita juga, di tempat les, ada seorang
murid yang ga terlalu pinter matematika dan IPA, tapi ternyata dia jago banget
sulap dan berani menunjukkan kemampuan sulapnya di depan orang lain. Ada juga
yang super duper cerdas dalam ilmu eksak, kayak matematika, IPA, bahasa
inggris, bahkan nilai UN nya nyaris 36 yang artinya per mata pelajaran dapet nilai
9, tapi dia sangat-sangat pemalu dan nggak mau bersosialisasi. Suruh ngomong di
depan kelas aja ga mau. Siapa yang lebih pandai? Ga ada. Mereka semua pandai,
cerdas dan pintar tapi di bidang yang berbeda.
Gue belajar memahami perbedaan dan keragaman kecerdasan,
gue juga belajar menghargai kelebihan setiap individu. Dari ilmu yang gue dapet
di kampus, gue bisa coba praktek dan terapkan di lapangan ketika ngajar. Gue
bersyukur banget dapet ilmu yang luar biasa berharga dari jurusan PGSD.
Tentunya, ilmu gue masih sedikit banget, makanya gue mau terus belajar, supaya
bisa jadi guru yang lebih baik.
Alhamdulillah, gue ga pernah merasa salah jurusan, karena
gue tau takdir Allah SWT ga pernah salah.
Hari ini gue masih berjuang buat wisuda, semoga
setelahnya gue tetap menjadi manusia pembelajar yang selalu mau meng-upgrade diri dan ilmu serta menjadi
pribadi yang lebih baik setiap harinya.
Sekian.
Salam hangat dari (calon) guru SD
Anisa Sholihat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar